Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo



Apakah Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta SEO ? Pertanyaan ini sangat menantang naluriku untuk berkompetisi di tengah ribuan blogger Indonesia yang sedang bertarung menikmati kontes di awal tahun 2010 ini. Sebagai seorang yang lagi kecanduan ngeblog, mencintai SEO adalah hal yang harus dikuasai blogger. Sehebat atau sekomplit apapun isi blog kalian, jika tidak dioptimasi dengan baik, maka blog kalian akan lambat dikenali search engine googe. Hal ini karena sebagian besar orang Indonesia mulai melek internet dan secara perlahan tapi pasti jumlah bloggerpun meningkat dengan tajam, mulai dari yang sekedar iseng sekedar tempat upload foto atau berbagi kisah menarik hariannya sampai kepada yang serius menggeluti dunia bisnis on-line.

Sebenarnya jika ditanya apakah aku cuma seorang blogger yang cinta SEO, maka aku akan menjawab dengan secara jujur bahwa sampai saat ini aku belumlah mencintai SEO dengan sepenuh hati. Karena aku belum melakukan upaya yang maksimal dalam mengoptimasi blog ini. Buktinya saat ini aku belum membeli buku tentang SEO, update postinganku sering tidak sesuai jadwal, pengunjung blogku biasanya berasal dari blogger lain yang sedang berburu link dengan di blogku (karena dofollow).  Namun Alhamdulillah, sang google masih mengasihaniku dengan memberikan PR 2 di akhir 2009 untuk blogger yang mengaku sebagai seorang yang cinta SEO (padahal bohong).


Dengan adanya kontes SEO ini, kebosananku akan SEO sedikit mulai terusik.Jika kontes-kontes sebelumnya aku hanya menjadi penonton, kali ini aku akan mencoba menjajal kemampuan Aku mulai mempelajari lagi berbagai teknik SEO dari situs yang membahas SEO secara free alias gratis.Berbekal buku panduan milik SEO google, mudah-mudahan blogku akan menjadi pemenang kontes SEO Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo. Amin...

Berikut ini adalah usaha SEO yang aku jalani sebagai seorang blogger dalam mengarungi dunia maya dan akan aku terapkan dalam kontes SEO Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo :

1. Semangat dan harapan
Semangat dan harapan adalah modal awal gratis bagi seorang blogger untuk berhasil memenangkan kontes Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo. Tulisan yang kita posting di blog juga sebenarnya merupakan cerminan semangat dalam diri kita. Jika kondisinya sedang kesal maka biasanya tergambar dari tulisanku yang sedikit kasar dan terkesan menggurui, namun jika mood kita sedang baik maka tulisan kita pun sangat imajinatif dan penuh kosakata yang menarik dan unik. Dengan permainan kata-kata yang menarik dan unik sebenarnya secara tidak lansung kita telah melakukan SEO dan menarik perhatian google dalam mengcrawler/menjelajah situs kita.

Semangat ngeblog bisa melemah ataupun menguat, jadi pelajarilah apa-apa yang membuat semangat ngeblog turun dan bagaimana cara mengatasinya. Mengikuti kontes Seo Aku Cuma Seorang Blogger yang cinta seo merupakan salah satu tips untuk menjaga semangat ngeblog

2. Optimasi Blog
Karena terlalu banyak opsi permainan SEO yang ditampilkan seorang master blogger yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, maka bagi aku yang seorang pemula hal ini tentu sangat melelahkan. Sehingga membuatku sedikit bosan dengan teknik SEO. Namun inilah hasil SEO yang menurutku cukup lumayan mendongkrak hasil pencarianku selama ini di Search Engine Result Position (SERP) google.
a. Pemilihan nama domain, judul dan deskripsi blog
Seorang blogger yang cinta Seo harus memikirkan nama domain dan judul blog terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke dunia blogging. Nama domain dan judul blog sangat mempengaruhi pikiran aku selama ini dalam mengurus blog ini, karena tujuan semula diciptakan sebagai referensi atau pusat untuk melakukan registrasi blog ke berbagai search engine dan direktori blogger.

Saran : Pilihlah nama domain yang umum jika kita tidak mengetahui nama Url dan judul blog jika kita adalah orang yang memiliki ilmu yang pas-pasan tentang sesuatu, karena perubahan nama Url dan judul blog akan membuat blog kita jeblog di situs pencari. Namun jika kita memiliki keahlian yang mumpuni tentang sesuatu maka tidak mengapa jika seorang blogger memilih nama Url dan judul blog yang spesifik dan menjurus ke arah isi postingan yang akan tampilkan.
b. Pemilihan template blogger yang Search Engine Friendly (SEF)
Template blogger yang Search engine Friendly akan lebih membuat postingan kita lebih mudah dijelajahi secara sempurna oleh mesin pencari. Ibaratnya adalah jika template kita friendly maka kata-kata yang ada di postingan akan dicrawler lebih banyak daripada jika kita memakai template blogger non friendly. Usahakan juga template yang kita pakai tidak terlalu banyak error, aku biasanya memakai tools W3C validator untuk memeriksa error tersebut.

Edit template memang kegiatan yang menyenangkan dan bisa menyita waktu, bijaksanalah dalam membagi waktu antara mengupdate postingan, blogwalking dan edit template.
c. Optimasi blog dengan teknik SEO OnPage
Optimasi OnPage merupakan teknik yang biasa dilakukan seorang master SEO sebelum optimasi OffPage. Istilah Seo Onpage berarti melakukan optimasi blog dari dalam. Kegiatan mengedit template pada point sebelumnya adalah bagian dari Seo OnPage. Teknik SEO OnPage terdiri dari :

1. Optimasi header dengan menentukan nama url, judul dan deskripsi blog,
2. Optimasi Keyword dengan melakukan analisis keyword dengan tools google insight for search dan menempatkannya di postingan dan header template
3. Optimasi postingan, tulislah postingan sesuai dengan keyword yang anda buat, tebal atau miringkan kata-kata di postingan yang ingin anda optimasi. Google sangat tidak menyukai keyword yang tidak sesuai dengan postingan, jadi hati-hatilah dalam memilih keyword.

Keyword yang tepat ditambah lagi dengan kesesuaian postingan akan membuat posisi anda SERP Google akan terdongkrak dan mungkin saja bisa menempati posisi pertama SERP Google. Sebagai blogger pemula, pada saat awal ngeblog dan jumlah postingannya sedikit maka aku cuma menempatkan metatag keyword yang sesuai dengan isi postingan, serta ditambah lagi dengan memilih keyword yang sedikit persaingannya.
d. Optimasi blog dengan teknik SEO OffPage
Optimasi OffPage biasanya dilakukan setelah optimasi OnPage. Hal ini dilakukan agar pengunjung blog yang kebetulan singgah menjadi pembaca setia blog kita. Jangan sampai optimasi yang kita lakukan berakhir sia-sia hanya karena blog kontent blog kita tidak bermutu, sehingga pembaca tidak mendapatkan apa-apa dari blog kita. Optimasi Seo OffPage terdiri dari :
1. Submit/daftarkanlah blog anda ke berbagai search engine terutama google dan yahoo
2. Submit artikel ke berbagai direktori terutama ke direktori digg, infogue dan lintas berita.
3. Bangunlah backlink sebanyak mungkin menuju postingan ataupun blog anda. Hal ini akan terjadi secara alami/mudah jika kontent blog bermutu ataupun susah payah dengan berkomentar di blog dofollow.

Mudah-mudahan kontes Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo yang aku ikuti ini bukan sekedar mengacaukan keyword google, tetapi lebih kepada berbagi pengalaman tentang SEO. Jadi tetaplah mengikuti informasi terbaru dari seorang blogger pecinta Seo. Mudah-mudahan juga anda tertantang bertarung dengan berbagai blogger kawakan dengan postingan ini. Jika anda merasakan mamfaat dari tulisan ini, silahkan berbagi link dengan mengcopy kode berikut di postingan atau blog utama anda :



Supported by Forum Indonesia - Hosting Murah - Mens Wedding Bands


The Title of this article is Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo and talk about Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo. Url of Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo is http://referensiregistrasi.blogspot.com/2010/01/aku-cuma-seorang-blogger-yang-cinta-seo.html. Give the opinion about Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo.



Responses

51 Respones to "Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo"

tutorial digital said...

oh ini ya mas artikel postingannya. ya udah ntr kubuat postingan yg baru lagi buat ngedukung postingan ini.artikel mas ini dah sep mantap soalnya di keyword densitynya tinggal cari bekingan ling aja mas.biar langsung nyerodok ke halaman depan google. Gua dukung 100% lah..


January 6, 2010 at 5:41 PM
andy said...

wah sukses sob buat kontesnya, tapi klo aku pribadi mau ga mau kita harus cinta seo karena kita punya blog. Jika memang tujuan kita sudah kuat tentu saja belajar seo menjadi hal yang mengasyikkan dan juga menantang sob, karena aku sadar banyak kompetitor yang sudah lebih dahulu dan lebih kuat posisinya disearch engine, tapi bagi aku yang baru itu merupakan hal yang menarik dan bisa membuat semangat dalam optimasi blog. Jadi menurut aku ini cuma masalah waktu, cepat atau lambat kalau kita tekun dan seirus pasti akhirnya akan meningkat juga posisi blog kita disearch engine. thank


January 6, 2010 at 5:53 PM
IHSAN said...

wah semoga sukses ya bro

thanks telah ke blog ruangihsan.com

oh ya saya juga ikutan bro :D


January 6, 2010 at 6:35 PM
Laksamana Embun said...

Tips segera di Laksanakan Kang...

Oia Lam knal ya, Bagaimana sbagai slm knal kita, kita tukran link?


January 6, 2010 at 6:45 PM
fanny said...

aku hnya cinta ngeblog. tapi gak ngerti SEO


January 6, 2010 at 7:05 PM
arkasala said...

Sukses kontesnya ya. Dukungan sudah saya pasang, silakan cek di sidebar "ikut mendukung"
Salam sukses selalu :)


January 6, 2010 at 7:11 PM
download said...

Komentar anda pada dofollow. Apakah menurut anda aku juga krg ramah? Dlm artikel aku nofollow dofollow itu juga tergantung kita. Soal isi blog anda yg bilang mantap atau tidakpun itu juga tergantung pembaca kan


January 6, 2010 at 7:24 PM
Unknown said...

SEO merupakan menu wajib buat saya yang mengandalkan internet demi periuk nasi. Dengan menguasai SEO berarti kita telah menyewa google sebagai marketing kita dan tanpa dipungut biaya.
oke sob semoga sukses dengan kontes SEO-nya.


January 6, 2010 at 7:54 PM
Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo (admin) said...

@ tutorial digital :
terimakasih ya bang tobing. jadi malu, kapan saya bisa membalas kebaikan bang tobing. InsyaAllah secepatnya surprise dari saya :D

@ andi :
betul mas, hampir kelupaan bahwa kita juga harus tawakkal akan hasil yang kita terima nantinya.

@ Ihsan :
Jangan sampai menang ya, biarkan kontes Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo giliran saya yang menang hehehe.... sorry becanda

@ Laksamana Embun :
dengan senang hati bos, saya juga ngeliat blognya mas sangat informatif. jadi tidak ada salahnya saya promosikan.

@ fanny:
enak kok belajar seo, sekaligus pusing tujuh keliling. walaupun isi artikel tetaplah sebagai king/raja namun dia masih membutuhkan seorang panglima perang bernama seo. so, mari berlajar bersama.

@ arkasala :
terimakasih ya mas atas dukungannya. blognya mas yayat juga telah tambahkan di kolom tukaran link. jangan sungkan melapor ya jika ada kesalahan penulisan

@ download :
sebenarnya bukanlah masalah ramah atau tidak tapi lebih kepada teknik menghancurkan blog. konon katanya bahwa komentar yang baik adalah komentar yang membahas isi postingan, sehingga diskusi menjadi lebih hidup dan bermakna bagi yang lainnya, ditambah lagi bahwa google tidak menyukai spammer dan akan memblaclist komentator tersebut. Idealnya sebuah komentar terdiri dari 3 baris.

@ blog buat bisnis :
betul mas, dari pada menyewa orang yang tentunya berbeyar. lebih baik memamfaatkan google, mumpung gratis hehehe....


January 6, 2010 at 8:54 PM
Muklis said...

Maju terus pantang mundur, ingat ini If thare still better so good is not enough, keep your spirit bro, check di blogku dan ane pasang silahkan di cek prend


January 6, 2010 at 10:07 PM
GoMe Computer said...

Isi artikel sudah siip, tinggal cari backlink berkualitas, saya siap saling mendukung nanti konfirmasi aja karena saya juga perlu dukungan semua blogger pecinta seo sejati.
Seo ini sangat penting bagi blogger dan tidak sulit dipelajari asal mau melakukan, ingat tidak ada pekerjaan yg sia-sia termasuk ikut kontes seo walaupun kalah itu manusiawi seorang Mike Tyson saja bisa kalah itulah seninya pertandingan, begitu juga dengan seorang master seo pasti juga bisa dikalahkan, yg penting kuncinya fokus, tekun dan teliti serta sanggup kerja lebih, sekian terimakasih.

Salam Blogger Pecinta Seo


January 6, 2010 at 10:58 PM
devianty said...

asik di sini aku bisa belajar SEO...ilmuku bertambah,,,makasih yah!


January 7, 2010 at 6:46 AM
GoMe Computer said...

tanpa kontes pun keyword di google sudah kacau, hahaha karena search engine makanannya teks dan link


January 7, 2010 at 11:38 AM
Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo (admin) said...

@ muklis :
terima kasih atas dukungannya

@ GoMe Computer :
Jadi ini di si pengacau keyword .hehehe....
semoga menang juga kontesnya mas. mari kita saling membantu mengalahkan blogger kawakan.

@ devianty:
InsyaAllah. Menang atau tidak, yang penting membawa mamfaat bagi semua.


January 7, 2010 at 2:00 PM
Indahnya Berbagi said...

sukses terus untuk anda


January 7, 2010 at 2:18 PM
knowledge Sharing said...

wah senengnya berada disini, banyak pakar SEO. salam untuk anda semua para master, newbie hanya menonton dan mengambil hikmah ilmu2 yang disampaikan master semua. good luck!


January 7, 2010 at 4:48 PM
Lembaga Pelatihan said...
This comment has been removed by a blog administrator.
gusgejos.com said...

Mantabs postingannya mas,... cinta SEO tidak harus tetapi mengerti dan mempraktekan SEO itu harus. Pokoke siiplah !!


January 8, 2010 at 1:47 AM
albertus goentoer tjahjadi said...

postingan yang mantap mas... jadi lebih tau seluk beluk SEO... thanks ya...


January 8, 2010 at 5:51 PM
Indotama said...

Mantap abis bosss...Akhirnya ketmu banyak temen juga nich,itung sambil cari pengalaman di dunia online,he he..


January 8, 2010 at 7:10 PM
Tisti Rabbani said...

mampir utk pertama kali disini..
waa..banyak ilmunyah...jd bisa baca2 terus nih..
:)


January 8, 2010 at 8:13 PM
Putro Enambelas said...

wah mantab mas.... Lanjutkan... :D


January 9, 2010 at 2:51 AM
Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo (admin) said...

@ Indahnya Berbagi, kharis sulistiyono:
sama-sama

@ knowledge Sharing :
Sangat jarang lho penonton yang dapat hadiah, lebih baik jadi pemain. Kalau tidak dapat piala, minimal dapat letihnya hehehe...

@ Lembaga pelatihan :
Maaf pak aziz, komennya terpaksa dihapus karena tidak sesuai dengan topik.

@ gusgejos.com dan albertus goentoer tjahjadi:
Menjiwai Seo membutuhkan sedikit insting dan banyak kesabaran. Contohnya saya, walaupun belum terdeteksi search engine google, tetap saja sabar terus.

@ Indotama, Tisti Rabbani :
Tetap nantikan postinngan saya selanjutnya dengan bergabung sebagai follower blog ini. Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermamfaat. thanks

@ Putro Enambelas :
Terimakasih. Btw, apakah betul arti putro enambelas itu bahwa mas putra adalah anak ke-enambelas?


January 9, 2010 at 9:25 AM
Philip Chew said...

SEO teramat penting :)


January 9, 2010 at 11:26 AM
cinta said...

salam kenal? ikutan ahhh.......


January 11, 2010 at 1:43 AM
blog teknologi terbaru said...

wah udah banyak yah master seo indonesia, klo pn ga menang tetep saya panggil master..
salam kenal master, berkunjung yah..


January 11, 2010 at 2:23 PM
Dinoe said...

Lengkap sharingnya tentang seo kang...makasih telah berbagi


January 11, 2010 at 5:59 PM
Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo (admin) said...

@ Philip Chew :
Betul sekali.

@ cinta :
dengan ikutan kontes, membuat kita jauh lebih memaknai blogger dan search engine. So, jangan ragu

@ blog teknologi terbaru :
Belum lah mas, masih banyak yang harus dipelajari. Sekarang malah terlempar ke google sandbox. tapi Happy aja terus

@ Dinoe :
Terimakasih juga telah berkunjung.

@ for All :
Karena salah optimasi dan berbuah petaka. Maka dengan ini diumumkan bahwa blog referensi registrasi secara resmi mengundurkan diri dari kontes seo : Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo.


January 12, 2010 at 5:30 PM
xtin said...

wah hidup SEO. sipp deh boss ertikel nya.


January 12, 2010 at 6:44 PM
deena said...

Wuiii lengkaap pisaan euy ilmunya..
Saya mah skg jd penonton dulu yah..ni yg punya blog co pa ce sori nih gag diubek soale pake si mini operah..
Zukzez yaa!
Berubung inet lg gag bersahabat, maaph kalo br sempat mampirr :)


January 12, 2010 at 10:55 PM
dika said...

SEO lover si agan...keren :-)


January 13, 2010 at 5:07 AM
nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular said...

Mas ada kontes lagi ga ikutan lumayan buat ajang praktek siapa tau dapat hadiah pemenangnya sampai 20 tapi hati2 kena sand box lagi. saya bukan pengacau keyword tapi cuma berusaha mendatangkan traffic mas...hehehe


January 16, 2010 at 1:55 AM
dog clothes said...

I have become a great fan of your blogs!!


January 16, 2010 at 2:27 AM
annosmile said...

sukses buat kontesnya ya mas


January 17, 2010 at 8:13 AM
Reni said...

Semoga sukses kontesnya.... Makasih dah berkunjung ke tempatku


January 17, 2010 at 10:07 PM
Iklan Baris Dofollow said...

Makasih atas tips nya..
kliatannya punya saya masih kurang di SEO offpagenya deh..

Salam kenal^^


January 19, 2010 at 1:29 PM
dog clothes said...

nicely written!! Good


February 25, 2010 at 9:21 AM
humoria said...

Anda low profile banget,tapi disitulah kekuatan anda sehingga menginsfirasiku untuk lebih baik membuat blog


April 1, 2010 at 11:32 PM
Artikel Belajar Optimasi SEO said...

wah infonya mangstab om. Sangat berguna buat blogger pemula seperti ane. Trimakasih buanyak.


August 13, 2010 at 4:59 PM
Panduan SEO said...

Salam kenal, infonya sangat bermanfaat buat blogger pemula seperti saya. Semakin banyak master2 seo yang posting tips dan trik seo, semakin memudahkan blogger pemula untuk belajar seo. Semoga sukses selalu dalam optimasi seo.


August 19, 2010 at 8:34 AM
Hosting Murah said...

Kontes SEO sekarang ini sudah mulai menjadi trend promosi di internet yang baru


December 14, 2010 at 11:49 PM
Foredi said...

Thanks sudah mau berbagi postingan di atas, semoga bermanfaat


December 14, 2010 at 11:51 PM
Obat Kuat said...

Ikutan lagi mas kontes dari Toyota


December 14, 2010 at 11:53 PM
semua tentang cinta said...

slam kenal mas sesama blogger... saya jg lagi belajar keras tentang seo, tapi memang seo google tidak ada yang pasti ya??? cuma google yang tau seo yg smpurna


October 6, 2012 at 7:57 AM
Wallpaper Custom said...

terimakasih gan, sukes terus..


April 16, 2021 at 12:40 PM

Post a Comment

 

Informasi Berita Terbaru 2013

Berita Terbaru Terpopuler 2013

Blog Infotainment News | Dunia Remaja | Lowongan Kerja

Back to top Copyright © 2010 | Worlds Hottest News