Tips Tukar Link Untuk Pemula



"Tukaran link yuk, blognya mas sudah saya pasang di blog saya, mohon di link balik ya. Trims"

Begitulah mungkin kata-kata yang sering diucapkan oleh beberapa pengunjung yang ingin bertukaran link yang dengan blog referensi registrasi ataupun mungkin terjadi dengan blog anda.

Bertukar link seringkali dijadikan salah satu senjata pamungkas agar blog diperhitungkan oleh search engine, khususnya sang maestro dunia maya "Google". Mengapa? Karena sudah menjadi kebiasaan dan telah tertanam di bawah alam sadar kita bahwa tukaran link (terutama dengan blog PR tinggi) merupakan salah satu teknik SEO untuk meningkatkan PageRank.

Namun entah karena ketidaktahuan atau kurang teliti atu juga karena masih pemula, seringkali tukeran link yang kita lakukan tidak membawa dampak apa-apa. Alhasil, PageRank blog tetap stagnan bahkan anjlok drastis.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam bertukar link :

Pertama, Tukaran link Otomatis via myterlinky.net

karena tanpa syarat alias gratis dan mudah melakukan tukar link dengan seluruh blogger yang tergabung didalamnya, maka tidaklah heran jika dahulunya layanan mysterlink merupakan layanan yang paling banyak dipakai oleh para blogger untuk bertukar link. Namun seiring waktu, layanan mysterlink telah kembali menjadi nofollow hal ini membuat banyak para blogger yang harus bersusah payah melist kembali teman-teman lama yang pernah bertukaran link dengan blognya.

Kesimpulan : Mysterlink merupakan layanan Nofollow, jadi tukaran link yang kita lakukan tidak akan mempengaruhi status blog kita oleh google. Jadi pastikan jika kita bahwa layanan yang anda gunakan untuk bertukar link otomatis (jika ada) masih berstatus dofollow

Kedua, Bedakan antara blog utama dan blog palsu
Karena terpana dengan PR blog yang kita kunjungi, ditambah lagi dengan mudahnya blog tersebut memberikan layanan untuk tukaran link untuk blog yang masih bayi. Seringkali membuat kita selaku pemula dalam dunia blog berusaha mati-matian agar terjadi tukaran link dengan blog tersebut.

Penulis sedikit heran dengan blog tersebut. Kenapa dengan mudahnya bertukar link dengan blog saya yang masih belia (baca : belum diperhitungkan), selidik punya selidik. Eh..... blog kesayangan saya ditempatkan di blog lain dengan nama Url yan hampir sama namanya dengan blog utama. Jadi, kita memberi link ke blog utama mereka, sedangkan mereka memberi link ke blog kita melalui blog palsu tersebut. Itulah mengapa penulis menamakannya dengan blog tipuan.

Ketiga, Bedakan antara tukaran link yang terpampang di sidebar dan yang dipostingan.
Menurut buku yang pernah penulis baca "Teknik SEO Versi Google", search engine biasanya akan mengcrawler (baca : jelajah) suatu situs atau web blog menurut metatag. Yaitu, dari h1 ke h2, lalu dari h2 ke h3, begitulah seterusnya.

Tanya : Apa hubungannya antara tukaran link di sidebar atau postingan dengan metatag?

Jawab : Konsep sebuah template biasanya menempatkan sidebar sebagai h2 dan artikel postingan sebagai h3.

Karena h1 lebih bernilai dari h2, dan h2 lebih tinggi derajatnya dari h3, maka pastinya search engine akan lebih mendahulukan tulisan yang di sidebar setelah itu menuju postingan.

Kemenangan lain yang bisa diperoleh jika link kita dipasang di sidebar adalah besarnya peluang klik yang akan terjadi dari sobat blogger bertukar link menuju ke blog kita.

Solusi atas tiga permasalahan di atas :
Masalah pertama,
solusinya adalah jelas (hentikan bertukar link dengan blog tersebut) karena tidak akan memberi pengaruh terhadap PR blog anda.

Masalah kedua,
jika PageRank (PR) blog kita adalah sama dengan PR blog tipuan tersebut, maka tidaklah menjadi masalah untuk tetap melanjutkan proses pertukaran link. Jika telah update pagerank dan PR kita lebih tinggi nilainya dari blog palsu / tipuan tersebut, sebaiknya proses pertukaran link di negosiasi ulang.

Masalah ketiga,
Berikanlah perlakuan yang sama. Jika kawan bertukar link menempatkan blog kita di sidebar, letakkanlah link yang mengarah ke blognya di sidebar juga. Begitupun jika si dia menempatkan blog kita di postingan, maka tempatkanlah si dia dipostingan juga.


Mohon maaf jika bahasa yang penulis berikan kali ini terasa kasar. Bukan maksud hati ingin menggurui tapi sekedar bentuk kekesalan atas tindakan tidak sportif yang dilakukan banyak blogger dalam menipu pemula (termasuk blog ini) sambil berharap tindakan mereka tidak ketahuan.

Kesalahan dalam pentas persaingan google bukan semata terjadi karena adanya peluang, tapi bisa karena ketidakjelian kita. Waspadalah.....waspadalah........

Ups hampir lupa promosi, bagi yang berminat untuk bertukan link dengan blog sederhana ini, silahkan klik tautan tukaran link di bagian atas blog ini.
Bagaimana menurut anda tindakan yang mesti dilakukan terhadap para pelaku yang tidak sportif tersebut? Setujukah anda dengan pendapat saya? atau punya pendapat lain dan ingin menambahkannya. Dipersilahkan dengan hormat untuk mengisinya di kolom komentar. Terima kasih


The Title of this article is Tips Tukar Link Untuk Pemula and talk about Tips Tukar Link Untuk Pemula. Url of Tips Tukar Link Untuk Pemula is http://referensiregistrasi.blogspot.com/2010/01/tips-tukar-link-untuk-pemula.html. Give the opinion about Tips Tukar Link Untuk Pemula.



Responses

18 Respones to "Tips Tukar Link Untuk Pemula"

Unknown said...

saya pernah di"gurui" blogger yang pasang widget pagerank palsu. ternyata banyak juga blogger yang tidak sehat ngeblognya. mudah2an insyaf agar jangan nipu blogger lainnya.


January 6, 2010 at 8:11 PM
restry said...

:) aduh makasih banget atas informasinya..aku masih pemula banget dalam blog..mohon bimbingannya ;;)


February 3, 2010 at 9:33 PM
Unknown said...

gua baru nih di blog,;;) dan isinya baru seadanya dan seperti lu bilang masih kopi paste karena baru beberapa hari, tapi pasti gua ganti semua dengan hasil karya gua sendiri:~ , thank's atas informasinya....
klo lo mau tukeran links sih gua pasti seneng..tapi ga maksa kali....:f


February 15, 2010 at 9:38 AM
OmahKido said...

infonya sangat bermanfaat.. makasih...


March 28, 2010 at 12:49 PM
Dunia Belanja dan Bisnis Online said...

Duuh...swear saya memang awam mengenai tips yang disampaikan sobt diatas. Tapi , tq bgt lah atas infonya. Saya jadi harus mulai lebih teliti lagi untuk tukeran link. btw, gimana ya cara mendeteksi blog palsu dan blog asli?apa cuma sekedar liat PR nya ajah?wah...aku perlu banyak belajar ni...lam kenal yah...btw, situs in igak palsu to?soalnya aku mao ngajak tukeran link ne...hehe..if you not mind, you can come to my site...


June 8, 2010 at 11:38 AM
cargo jakarta said...

Bagus banget..info yang membantu pemula seperti saya..btw betul juga sih...:)


July 18, 2010 at 12:18 AM
Ridwan said...

info yg tepat di saat saya baru mau membuat acara tukaran link. trims!


August 28, 2010 at 5:12 PM
scients said...

makasih mas...aku juga kena neh...pantes dia mau dgn gampang tuker link...ternyata blog aku di link ke blog tipuan dia..hasilnya page rank blog aku jadi trun hikhik


September 1, 2010 at 5:26 PM
tahan lama said...

keren nich artikelnya berbobot..
keep posting sob..


November 24, 2010 at 3:44 PM
Ladida's Blog said...

terima kasih tips-nya kawan . ,


December 25, 2010 at 4:12 PM
Gallery Ekspresi said...

Kisah saya lebih sedih lagi, saya bertukar link sebelumnya dengan beberapa sahabat untuk saling memberi backlink tetapi apa yang terjadi orang orang ini memberi saya hadiah berupa nofollow bayangkan sesama blogger yang melakukan hal ini tentu sangat menyesakkan dada.

Kunjungan Balik dan Saran anda ditunggu


January 11, 2011 at 2:03 PM
Endi said...

saya juga pernah di tipui dengan blog yg memiliki page rank palsu.. sunggu terlalu, semoga cpt insyaf.. oia, tukeran link mas, kalau boleh, linknya sudah saya pasang di side bar blog saya,,.. ditunggu link baliknya.. :)


February 3, 2011 at 12:17 AM
rental komputer surabaya said...

makasih tipsnya, sangat bermanfaat untuk para pemula..


February 4, 2011 at 4:33 PM
Nikmaya John said...

Terimakasih pencerahannya,,, Tips yang bagus,,,


March 19, 2011 at 3:26 PM
Baim said...

masih bingung gan...


June 23, 2011 at 10:52 AM
adelicafefoods said...

sepertinya tips yang bagus, tapi ma'af masih pendatng baru jd masih kebingungan.mohon minta tutorialnya


July 5, 2011 at 2:25 PM
dejava said...

OOYA,NAMBAH ILMU BARU


July 12, 2011 at 8:49 PM
Argo Merdiyanse said...

terima kasih kang info nya. saya jadi dapet ilmu baru dari postingan ini mengenai tukeran link... thx


July 31, 2011 at 11:15 AM

Post a Comment

 

Informasi Berita Terbaru 2013

Berita Terbaru Terpopuler 2013

Blog Infotainment News | Dunia Remaja | Lowongan Kerja

Back to top Copyright © 2010 | Worlds Hottest News